SUMUR TANTOH, Sumber Air yang Tidak Pernah Habis Selama 7 Turunan


           Sumur Tantoh dalam bahasa Madura artinya pasti, sumur tersebut terletak di Dusun Angsanah. Air tersebut tidak pernah habis ± 300 tahun atau 7 turunan. Meskipun saat musim kemarau  datang, konon katanya asal usul sumur tersebut dahulu kala diatas namun saat ini sudah berpindah ke bawah. 

         Sumur tersebut ditutup oleh kendang/gendang agar sumur tersebut tidak keluar air, sumur itu dahulu banyak ikan lautnya. Suatu saat sumur tsb dibuat kembali oleh Bujuk Narib alias kalah sengit. Air dapat diminum secara langsung tanpa direbus, air tersebut setiap hari gunakan oleh warga untuk diminum dan memasak. Saat musim kemarau, sumber air mengecil, warga sekitar biasanya melakukan khatam Al-Qur’an di dekat sumur. Menurut masyarakat sekitar, air di sumur tersbut dapat menyembuhkan penyakit.

         Sumur tersebut dibangun oleh seorang bujuk, bujuk merupakan tokoh masyarakat atau orang yang dipercaya oleh masyarakat sekitar memiliki kekaromahan atau kelebihan. di dekat sumur tersebut terdapat sebuah mushalla, mushalla tersebut tidak dapat dipindah karena empat tiang di mushalla tersebut langsung menghadap kiblat namun saat ini sudah direnovasi.



Narasumber bernama Kanafi, beliau merupakan keturunan ke tujuh dari bujuk Narib




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trending

Arsip Blog

Newsletter

Categories

Popular Posts

Recent Posts