Yasinan dan Sholawatan Rutin Setiap Malam Jumat

         


         Dalam kehidupan bermasyarakat diperlukan adanya sebuah perkumpulan bersama anggota masyarakat sebagai wahana dan media penyampaian informasi, berbagi rasa dan aspirasi. Perlunya perkumpulan yang semacam ini didasarkan pada masyarakat Desa Sen Asen yang masih sangat erat rasa kekeluargaan serta rasa saling memiliki satu sama lain.
       Secara umum, terdapat perkumpulan-perkumpulan warga masyarakat yang mampu mengumpulkan warga masyarakat yang ada di Desa Sen Asen. Namun, bentuk perkumpulan-perkumpulan yang ada umumnya merupakan perkumpulan yang memiliki tujuan tertentu diluar untuk penyampaian aspirasi masyarakat, atau dengan kata lain perkumpulan yang ada mengakomodasi kepentingan dari perkumpulan yang ada tersebut.
             Diperlukan adanya sebuah perkumpulan yang secara intensif dan berkelanjutan mampu menyediakan alokasi waktu bagi masyarakat untuk menyampaikan segala bentuk aspirasi masyarakat dan dilaksanakan berdasarkan asas kekeluargaan dengan memperhatikan segala kepentingan masyarakat desa.
        Perkumpulan yang semacam ini sangat sesuai dengan perkumpulan berbasis kegiatan keagamaan dan religius. Dikarenakan, kegiatan religius dan kegiatan keagamaan yang mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat sekaligus memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi segenap anggota masyarakat untuk menyampaikan segenap aspirasinya dalam keadaan yang tenang.

         Di desa Sen Asen, telah terdapat perkumpulan masyarakat yang berbasis kegiatan keagamaan dan kegiatan religius yakni perkumpulan kegiatan yasinan pada malam jum’at. Kegiatan yasinan terbagi dalam dua kelompok, yakni kelompok ibu-ibu dan kelompok bapak-bapak. Tim KKN Tematik UTM berorientasi pada pengembangan dan pemanfaatan kegiatan yasinan setiap malam jum’at ini berjalan secara maksimal, sehingga keikutsertaan Tim KKN Tematik UTM dalam setiap kegiatan yasinan diarahkan kepada penginventarisasian dan identifikasi masalah yang dimiliki oleh masyarakat desa Sen Asen serta berusaha untuk memberikan solusi serta pemecahan masalah sesuai dengan kemampuan Tim KKN Tematik UTM. Pemecahan masalah yang diberikan oleh Tim KKN Tematik UTM merupakan pemecahan masalah yang bersifat jangka pendek dan jangka panjang.

      Kegiatan yasinan bergilir untuk kelompok putri atau ibu-ibu dilaksanakan seminggu sekali, dirumah anggota jam’iyah yasinan bersama Tim KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura. Penentuan tempat pelaksanaan dilakukan dengan cara undian yang telah disusun oleh penyelenggara. Secara umum sebagian besar anggota jam’iyah yasinan keliling menyambut baik kehadiran Tim KKN Tematik UTM dalam setiap kegiatan yasinan keliling untuk membantu masyarakat dalam memberikan pemecahan masalahan serta pencerahan bagi masyarakat utamanya mengenai pengetahuan baru yang belum mereka pahami.






Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trending

Arsip Blog

Newsletter

Categories

Popular Posts

Recent Posts